Sabtu, 22 November 2008

Pengembara Dunia Maya

Pengembara dunia maya (internet) tentu membutuhkan apa yang dinamakan dengan browser sebagai kendaraannya. Browser yang berfungsi sebagai macam situs yang ada di internet kini kerap ditunggangi dengan apa yang dinamakan dengan phishing, semacam situs-situs palsu yang dibuat sangan meyakinkan yang bertujuan untukmenjerat si pengunjung agar percaya akan apa informasiyang ditawarkan sehingga mendorong si pengunjung mengisikan biodata pribadi, email ataubahkan nomor rekening.

Pencurian data melalui situs palsu tersebut (phishing) memang kini tengah marak terjadi di dunia internet. Situs palsu tersebut biasanya dibuat semacam situs bank, situs game, situs yang menawarkan hadiah, situs jual-beli, dan lain-lain. Untuk itu, kini beberapa browser yang banyak dipergunakan oleh komunitas dunia maya macam Internet Explorer, Opera, Mozila Firefox, dan Netscafe telah berlomba-lomba memperbaharui perangkat keamanannya tentunya dengan aneka macam fitur tambahan didalamnya.




Internet Explorer


Browser IE yang terbaru adalah versi IE7. Browser produk Microsoft ini menawarkan beragam fitur, kemampuan, dan teknologi pengaman baru. Fitur yang dirasakan baru yaitu adanya tabbed browsing yang berguna untukmenghemat jendela browser saat berselancar di internet, karena setiap halaman akan dibuka dalam satu jendela, tetapi dalam tab yang berbeda.

Kelebihan IE7 lainnya adalah kemampuannya menampilkansemua tab aktif berupa thumbnail dalam sebuah jendela tunggal. Jadi, kita tidak perlu repot mencari tab halaman satu per satu, cukup memilihnya dari thumbnail ini.Tab yang ada juga bias dikelompokan dan disimpan sebagai tab halaman favorit. Jika di versi IE sebelunya kita sering menemui kendalasaat mencetak halaman web, hal ini tidak akan terjadi lagi . Ini karena setiap halaman web yang akan dicetak otomatis dikecilkan agar sesuai dengan ukuran kertas agar tidak ada komponen web yang tertinggal atau terpotong.

Antiphising juga dipilih IE salah satu fitur pengamanan tambahan untuk penggunanya. IE7 akan senantiasa melakukan cek via situs untuk memastikan situs aman untuk dikunjungi untuk mendapatkan browser IE7 cukup download diwebsite Microsoft. Ukuranya s/w 14,8 MB atau update melalui sistemoprasi yang digunakan.



Mozilla Firefox

Browser berlogo bintang rubah api ini kini telah meluncurkan versi terbarunya yaitu Mozilla Firefox 2.0 dengan lisensi gratis dengan file sebesar 5,4 MB serta mendukung banyak sistem operasi. Salah satu fitur yang terasa berbeda di versi 2.0 adalah adanya Resuming Browser Session.
Ini berguna jika komputer mendadak mati ketika kita tengah berselancar(surving) di internet. Dengan adanya fitu RBS, Browser Firefox dapat mengembalikan seluruh tab dan halaman web yang sedangkita kunjungi sebelum browser dimatikan.

Selain itu fitur tab browsing yang menjadi keunggulan Firefox sejak dulu kini ikut disempurnakan yaitu dengan adanya tombol close pada masing-masing tab browsing. Di sini keamanan Mozilla membekali Firefox 2

.0 dengan Fitur itu antiphising yang terintegrasi. Fitur ini akan memberikan peringatan jika pengguna mengunjungi situs palsu berbahaya yang bisa mengakibatkan bocornya data rahasia. Jika fitur antiphising ini diaktifkan, maka daftar situs berbahaya (phishing) akan diperbarui Firefox secara otomatis dan berkala.
Opera


Opera 9 adalah versi terbaru dari Browser berlogo “O” merah ini. Opera 9 diluncurkan sekaligus untuk system operasi Microsoft Windows, Apple Mac OS X, Sun Solaris, dan Linux. Ada peningkatan kemampuan pada fitur didalamnya, selain makin cepat dan aman, Opera mengubah metode penampilan halaman web agar lebih bersahabat dengan standar baku web. Opera bahkan membubuhkan fitur widgets (aplikasi kecil yang diunduh terpisah dari Opera 9). Melalui widgets, pengguna bias membuat semacam “jendela” kecil untuk situs-situs favorit,misalnya situs berita BBC, detik, Pkiran-rakyat, dan lain-lain.

Yang lainnya yaitu adanya fasilitas pengunduhan berdasarkan P2P seperti BitTorrent. Dengan adanya fasilitas ini, pengguna tidak perlu menginstal aplikasi terpisah untuk masuk ke jaringan tukar-menukar file. Tinggal klik tombol BitTorrent di Opera 9 dan bisa langsung mulai mengunduh file. Dengan menggunakan Opera 9, memblokir satu situs jauh lebih gampang. Tinggal klik kanan di situs yang dimaksud, dan pilih Block content, satu lagi,jika kompter mati tiba-tiba, Opera 9 bisa diatur agar langsung masuk ke situs terakhir yang dibuka.

Faktor keamanan juga menjadi perhatian utama Opera.Opera 9 ini bakal menampilkan tingkat keamanan dari setiap situs yang dikunjungi. Opera menjanjikan pertahanan terhadap gangguan semacam phishing maupun iklan pop-up yang kerap mengganggu pengguna internet.





Netscape


Netscape sebenarnya browser yang terlebih dahulu ada jika di bandingkan dengan tiga browser do atas tadi. Namun, karena kalah bersaing, browser ini jarang terdengar. Meski demikian, browser Netscape dengan versi terbarunya yaitu Netscape 8.1 mempunyai kelebihan yang tak kalah bagusnya jika disbanding browser lainnya. Browser ini memiliki fitur perlindungan spyware dan adware built-in.

Netscape 8.1 mampu menyaring file yang diunduh seseorang tanpa melibatkan campur tangan penggunanya. Di mana browser ini secara otomatis mampu mendeteksi spyware dan adware. Melalui browser ini, si pengguna yang tengah mengunduh juga bisa dapat menjalankan scan disk dan scan memory secara lengkap. Fitur keamanan lainnya termasuk melakukan blacklist situs phishing yang ter-update dan sebuah security center untuk melihat apakah pengguna perlu melakukan tindakan pada komputer mereka.

Browser ini juga menawarkan dukungan Really Simple Syndication (RSS). Dengan fitur ini, pengguna biasa segera mendapatkan headline suatu berita atau informasi tanpa perlu mgunjungi situs yang dimaksud

Pilih yang mana? Tentunya tergantung selera pengguna karena masing-masing browser memiliki keunggulan, beberapa browser lain pun patut dicoba seperti Avant browser, Aavari browser, Crazy Browser, Maxthon Internet Browser, Konqueror Web Browser, NeoPlane Browser, dan Slim Browser.

0 Comments: